Silabus Matakuliah Tafsir Tarbawi TA. 2014/2015

Mata Kuliah                 : Tafsir Tarbawi

Kode                           : –

Jurusan                      : Tarbiyah

Program Studi           : Pendidikan Agama Islam

Program                     : Strata Satu (S-1)

Bobot                         : 2 sks

Kompetensi Dasar

Mahasiswa mampu menghafal, memahami, menuliskan dan menerapkan ayat-ayat al-Qur’an yang berkenaan dengan pendidikan.

 

Indikator Kompetensi

Mahasiswa diharapkan mampu:

1.   Menghafal, Menuliskan dan Menjelaskan tentang ayat-ayat tentang Kewajiban belajar dan mengajar sebagaimana terdapat dalam ayat-ayat berikut.

QS. Al-Alaq/96: 1-5

QS. Al-Ghasyiyah/ 88 :17-20

QS. Ali Imron/3: 190-191

QS. Al-Taubat/9:122

QS. Al-Ankabut/29:19-20

2    Menghafal, menuliskan dan menjelaskan tentang ayat-ayat tentang Tujuan Pendidikan seperti dalam ayat-ayat berikut.

QS. Ali Imron/3: 138-139

QS. Fath/48: 29

QS. Al-Haj/22:41

QS. Al-Dzariyat/51: 56

QS. Hud/11: 61

3.   Menjelaskan dan menghafal serta menuliskan tentang Subyek Pendidikan berdasar penafsiran ayat.

QS. Al-Rahman/55: 1-4

QS. Al-Najm/53: 5-6

QS. Al-Nahl/16: 43-44

QS. Al-KAhfi/18: 66

4.   Menjelaskan tentang Obyek Pendidikan berdasar pemahaman terhadap tafsir ayat.

QS. Tahrim/66: 6

QS. Al-Syu’ara/26:214

QS. Al-Taubah/9: 122

QS. Al-Nisa/4: 170

5.   Menidentifikasi Metode Pendidikan yang tepat berdasar pada penjelasan.

QS. Al-Maidah/5: 67

QS. Al-Nahl/16: 125

QS. Al-A’raf/7: 176-177

QS. Ibrahim/14: 24-25

6.   Menjelaskan Fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup sekaligus dasar penyelenggaraan pendidikan berdasar pada penafsiran ayat.

QS. Al-An’am/6: 91-92

QS. Al-BAqarah/2: 1-5, 97, 185

QS. Ali Imron/3: 7, 164

QS. Al-Isra’/17: 9, 82

7.   Mengidentifikasi Potensi-potensi/keunggulan manusia yang perlu dikembangkan lewat pendidikan sebagaimana dijelaskan dalam ayat-ayat berikut.

QS. Al-Baqarah/2: 30-39

QS. Al-Isro’/17: 70

QS. Al-Ra’d/13: 11

8    Mendeskripsikan Materi pendidikan yang paling diprioritaskan untuk menjadi landasan dalam membangun jiwa anak didik; seperti dituangkan dalam QS. Luqman/31: 12-19

9.   Mengidentifikasi dan Menyimpulkan tentang kelemahan-kelemahan dalam diri manusia berdasar penafsiran;

QS. Al-Ma’arij/70: 19-27

QS. Al-Rum/30: 54

QS. Yasin/36: 77

QS. Al-Ahzab/33: 72

QS. Al-Balad/190: 4-8

QS. Al-Nisa/4: 28-29

10. Mengidentifikasi dan Membedakan antara lingkungan pendidikan yang baik maupun yang buruk berdasar penafsiran ayat.

QS. Ali Imron/3: 110

QS. Al-Isra’/17: 16-17

QS. Hud/11: 100-101

11. Menyimpulkan tentang tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak berdasar penafsiran ayat.

QS. Al-Tahrim/66: 6

QS. Al-Nisa/4: 9

12 Menjabarkan dan mengklasifikasikan tentang Ilmu Pengetahuan berdasar ayat.

QS. Al-Mujadalah/58: 11

QS. Fath/35: 27-28

QS. Al-Nahl/16: 79

QS. Al-Mulk/67: 1-5

 

Topik Inti

1.   Ayat-ayat tentang Kewajiban belajar dan mengajar sebagaimana berikut:

QS. Al-‘Alaq/96: 1-5

QS. Al-Ghasyiyah/ 88 :17-20

QS. Ali Imron/3: 190-191

QS. Al-Taubat/9:122

QS. Al-Ankabut/29:19-20

2    Ayat-ayat tentang Tujuan Pendidikan seperti berikut:

QS. Ali Imron/3: 138-139

QS. Fath/48: 29

QS. Al-Haj/22:41

QS. Al-Dzariyat/51: 56

QS. Hud/11: 61

3.   Ayat-ayat yang berbicara tentang Subyek Pendidikan berdasar penafsiran ayat:

QS. Al-Rahman/55: 1-4

QS. Al-Najm/53: 5-6

QS. Al-Nahl/16: 43-44

QS. Al-KAhfi/18: 66

4.   Ayat-ayat yang berbicara tentang Obyek Pendidikan berdasar pemahaman terhadap tafsir ayat:

QS. Al-Tahrim/66: 6

QS. Al-Syu’ara/26:214

QS. Al-Taubah/9: 122

QS. Al-Nisa/4: 170

5.   Ayat-ayat tentang Metode Pendidikan yang tepat;

QS. Al-Maidah/5: 67

QS. Al-Nahl/16: 125

QS. Al-A’raf/7: 176-177

QS. Ibrahim/14: 24-25

6.   Al-Qur’an sebagai pedoman hidup sekaligus dasar penyelenggaraan pendidikan:

QS. Al-An’am/6: 91-92

QS. Al-BAqarah/2: 1-5, 97, 185

QS. Ali Imron/3: 7, 164

QS. Al-Isra’/17: 9, 82

7.   Ayat-ayat yang berbicara tentang Potensi-potensi/keunggulan manusia yang perlu dikembangkan lewat pendidikan seperti berikut.

QS. Al-Baqarah/2: 30-39

QS. Al-Isro’/17: 70

QS. Al-Ra’d/13: 11

8    Ayat-ayat tentang Materi pendidikan yang paling diprioritaskan untuk menjadi landasan dalam membangun jiwa anak didik; seperti QS. Luqman/31: 12-19

9.   Ayat-ayat yag menjelaskan tentang kelemahan-kelemahan dalam diri manusia seperti ayat;

QS. Al-Ma’arij/70: 19-27

QS. Al-Rum/30: 54

QS. Yasin/36: 77

QS. Al-Ahzab/33: 72

QS. Al-Balad/190: 4-8

QS. Al-Nisa/4: 28-29

10. Ayat-ayat tentang lingkungan pendidikan yang baik maupun yang buruk  seperti ayat;

QS. Ali Imron/3: 110

QS. Al-Isra’/17: 16-17

QS. Hud/11: 100-101

11.Ayat-ayat yag berbicara tentang tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak seperti ayat;

QS. Al-Tahrim/66: 6

QS. Al-Nisa/4: 9

12 Tentang Ilmu Pengetahuan seperti dalam ayat;

QS. Al-Mujadalah/58: 11

QS. Fath/35: 27-28

QS. Al-Nahl/16: 79

QS. Al-Mulk/67: 1-5

 

Referensi

  1. Ibnu Katsir, Tafsir Ibnu Katsir
  2. Syaikh al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi
  3. Syaikh Imam Jalaluddin al-Mahalli dan Syaikh Imam Jalaluddin al-Suyuti, Tafsir Jalalain
  4. M. Quraisy Syihab, Tafsir al-Misbah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *