Silabus Matakuliah Pengembangan Kurikulum PAI TA. 2014/2015

Mata Kuliah              : Pengembangan Kurikulum ( Curriculum

                                   Development)

Jurusan                      : Tarbiyah

Program Studi           : Semua Program Studi

Program                     : Strata 1 (S-1)

Bobot                          : 2 sks

Kompetensi Dasar

Mahasiswa mampu memahami konsep pengembangan kurikulum (termasuk kurikulum Pendidikan Islam), serta memiliki kecakapan akademis yang berguna sebagai bekal mengajar dan mengembangkan kurikulum PAI di madrasah/sekolah.

Indikator Kompetensi

Mahasiswa dapat:

  1. Memahami hakekat kurikulum dalam pendidikan
  2. Memahami komponen-komponen kurikulum
  3. Memahami konsepsi-konsepsi dalam pengembangan kurikulum
  4. Memahami landasan dalam pengembangan kurikulum
  5. Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
  6. Memahami dan berlatih membuat model-model pengembangan kurikulum
  7. Memahami dimensi manusia dalam pengembangan kurikulum
  8. Memahami jenis-jenis organisasi kurikulum
  9. Memahami hakekat evaluasi kurikulum serta aplikasinya dalam PAI
  10. Memahami sejarah perkembangan kurikulum PAI di Indonesia
  11. Memahami arah perkembangan kurikulum di Indonesia
  12. Memahami konsep dasar kurikulum 2013
  13. Memahami peluang dan tantangan kurikulum 2013
  14. Mengetahui isi kurikulum pendidikan Islam yang digagas oleh para pemikir muslim

Topik Inti

  1. Hakikat kurikulum dalam pendidikan: interpretasi kurikulum, kurikulum dan pembelajaran, kurikulum sebagai disiplin ilmu.
  2. Komponen-komponen kurikulum
  3. Konsepsi-konsepsi dalam pengembangan kurikulum
  4. Landasan dalam pengembangan kurikulum
  5. Prinsip-prinsip/aksioma dalam pengembangan kurikulum
  6. Model-model pengembangan kurikulum
  7. Dimensi manusia dalam pengembangan kurikulum
  8. Jenis-jenis organisasi kurikulum
  9. Hakekat evaluasi kurikulum serta aplikasinya dalam PAI
  10. Sejarah perkembangan kurikulum PAI di Indonesia
  11. Arah Perkembangan Kurikulum di Indonesia
  12. Konsep dasar kurikulum 2013
  13. Analisis peluang dan tantangan kurikulum 2013
  14. Isi kurikulum pendidikan Islam yang digagas oleh para pemikir muslim

Referensi

  1. John D. Mc. Neil, Curriculum : A Comprehensive Introduction, Scott, Foresman/Little, Brown Higher Education, Illionis, 1990
  2. S. Nasution, Asas-Asas Kurikulum, Jemmars, Bandung, 1986
  3. Peter F. Oliva, Developing the Curriculum, Little, Brown and Company, Boston, 1982
  4. J. Galen Saylor dan William M. Alexander, Curriculum Planning for Better Teaching and Learning, Holt, Rinehart, and Winston, 1974
  5. Hilda Taba, Curriculum Development : Theory and Practice, Harcourt, Brace & World, Inc., New York, 1962
  6. Miftahuddin, Menggagas Kurikulum Pendidikan Islam Humanis, STAIN Salatiga Press, 2003
  7. Hendyat Soetopo dan Wasty Soemanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Bina Aksara, 1996
  8. M. Athiyah al-Abrasy, al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Isa al-Babiy al-Halabiy, Kairo, 1969
  9. Syeh Muhammad al-Naquib al-Attas, Aims and Objectives of Islamic Education, Hodder and Stoughton, King Abdul Aziz University Press, Chicago, 1982
  10. Abu Hamid Mumahammad bin Muhammad al-Ghazaliy, Ihya’ Ulum al-Din, Juz I, Dar al-Fikr, Mesir, 1991
  11. Abdurrahman an-Nahlawiy, Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyaah wa Asalibuha, terj. H. Noer Ali, Diponegoro Press, Bandung, 1989
  12. Ibn Khaldun, The Muqaddimah, terj. Franz Rosenthal, Princeton University Press, Princeton, 1981

Salatiga,   1 September 2014

Dosen Pengampu,

 

Drs. H. Miftahuddin, M.Ag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *